HYIP permulaan yang mengerikan

Posted by Zulfan Edoghawa on January 15, 2012

Beberapa hari lalu saya membaca di sebuah forum tentang HYIP (High Yield Investmen Program) yang memberikan impian yang cukup menggiurkan. Dengan modal yang relatif kecil, kita bisa mendapatkan yield yang relatif lumayan dari 1%-5% per hari.

Dengan rate 1%-5% tentu membuat banyak orang menjadi tergiur untuk ikut terjun dalam program tersebut. Saya membaca dengan sangat antusias sekali, sambil berkhayal tentang potensi untung yang cukup menggoda tersebut, ditambah tanpa melakukan apa-apa.

Singkat cerita, saya memulai ikut program tersebut. Saya mendaftarkan diri di Liberty Reserve (L/R), karena salah satu yang diterima dari program HYIP adalah L/R tersebut, bisa juga Perfect Money (PM) dan lain-lain. Pertama saya membeli L/R senilai $30 dollar.

Peratama invest saya tergoda untuk menempatkan di HYIP yang ngasih return 4,16%/jam. Gimana ga tergiur yak dengan return jam-jam-an gitu. Invest pertama lancar tanpa halangan, saya pantau tiap jam dan benar tiap jam saya dapat pengembalian, terserah mau di tarik (atau istilah kerennya withdraw) tiap berapa dollar karena penarikannya ataw withdraw otomatis. Maksudnya otomatis disini adalah kita setting berapa $ sekali kita mau narik, jadi setiap return kita sudah mencapai target yang telah disetting otomatis $ akan langsung di transfer ke L/R kita. Meskipun otomatis, kita juga bisa withdraw secara manual, itu terserah kita.

Nah, jatuh tempo dah di 25jam, tapi tidak sesuai dengan yang saya bayangkan, ternyata total $ yang saya terima hanya 3% lebih dari modal (principal). Wah, saya kira akan dapet lebih dari 100% setelah 25 jam invest. Ternyata saya salah memahami metode HYIP ini, maklum masih pemula. Saya lantas tidak kecewa dengan itu, saya coba baca-baca lagi dan belajar dari para master.

Setelah belajar beberapa "jam" saya dapet ilmu baru lagi, ternyata selain ngejar yang namanya bunga (return/interest), HYIP juga dapet yang namanya RCB (Reff Cash Back) yaitu sejumlah $ yang dikembalikan sebagai bonus dari kita mendaftar melalui Reff dari HYIP monitor. Lama muter-muter nyari HYIP yang ngasih RCB gede, saya pilih salah satu HYIP yang ngasih return 5% perhari dan dapet RCB sekita 5% juga, jadi kita dapet 10% 1 hari untuk invest di HYIP.

Dengan cara itu saya menyelami dunia "perivestasian" di internet melalui HYIP ini. singkat cerita 4 hari berlalu dan saya sudah mendapat return 30% lebih dari modal awal. Akhirnya saya membuat portfolio untuk investasi saya di HYIP. 30% dari $ saya, saya masukin kedalam program jangka menengah yaitu 60 hari untuk bunga harian 2,8%, sisanya saya masukin ke program short atau jangka pendek yang 1 hari.

Memang sifat dasar manusia yang tidak sabaran, rakus, pengen instan, akhirnya saya dapat pelajaran yang sangat sakit. 70% $ saya saya masukin kembali (reinvest) ke salah satu HYIP yang pernah saya coba. Saya tidak berpikir panjang langsung saja saya tempatkan semuanya ke sana. 24 jam kemudian saat mau withdraw terjadi apa yang ditakuti para HYIP-ers (sebutan para pemain HYIP, atau ada juga yang memanggil dengan sebutan soilder) tiba-taba penarikan pending, biasanya 15 menit setelah request $ langsung masuk ke L/R, tapi ini udah 24 jam belum juga masuk. Setelah sekitar 30 jam akhirnya saya dapat email yang mengatakan $ has sent ke L/R saya tapi.... kok no L/R saya yang seharusnya ada menjadi n/a. Usut punya usut, setelah saya tanya ke master-master ternyata itu adalah tanda bahwa program yang saya ikutin sudah menjadi SCAM (sebutan untuk perusahaan HYIP yang sudah bangkrut).

Nasi sudah jadi bubur, 70% $ saya ludes dalam 1 malam. Tapi itu adalah risiko yang harus diterima para HYIP-ers yang terjunke dunia HYIP seperti ini. Jadi dengan perhitungan kasar, dalam 1 hari potensi untung yang kita peroleh adalah 1%-5%, besar sekali untuk hitungan investasi, namun jika dibandingkan dengan potensi rugi/loss sangat tidak seimbang, potensi loss kita adalah 100%. Dengan perbandingan seperti itu saja ternyata banyak orang yang sukses di dunia HYIP seperti itu, tentu juga banyak yang K.O.

Semua itu kembali ke masing-masing pihak. Jika kita bisa menerima loss kita, maka HYIP merupakan program yang sangat menggiurkan untuk diikuti, namun jika kita tidak bisa menerima risiko yang besar itu, maka HYIP merupaka program yang menakutkan. Akhir kata, hanya kalimat ini yang bisa menjadi bijak dalam duni HYIP, "Do Not Spend What You Cannot Afford To Lose".

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment